Daisypath Next Aniversary Ticker

Minggu, 03 Januari 2010

Mau praktek sebelum punya SIP?

Ada yang mau ga naik angkot kali supir angkotnya ga punya SIM?
Mau naek pesawat kalo pilotnya ga berlicense?

dan mau ga berobat sama dokter yang ga berlicense?

Ma bener bener lagi kaget + kecewa berat begitu Ma masuk koas dan dapet cerita cerita dari temen temen Ma, cerita apa? Cerita kalo banyak temen temen dan adek kelas yang suka praktek di klinik klinik gitu, sampe ke luar kota buat kerja sebelum mereka punya SIP, bahkan sebelum wisuda, bahkan sebelum yudisium dokter, bahkan juga yang baru lewat dua-tiga stase, luar biasa kan?

Aneh sama temen temen yang mau kerja gitu, juga aneh sama klinik yang mempekerjakan orang tanpa license. :(

Ma udah biasa denger excuse dari mereka, yang bilang kalo disana sepi, disana cuma ngobatin batuk-pilek, mau nyari penghasilan setelah 6 taun ga ngapa-ngapain, latihan, ditawarin sama klinik, de.el.el lah, dan menurut Ma semuanya itu ga beralasan.

Emang kalo di jalan lagi ga banyak mobil, boleh bawa mobil tanpa punya SIM?

Apa salahnya sabar dikit 3-6 bulan setelah lulus, kalo ga jualan pin aja kaya Ma, atau ngetranslet jurnal dan refrat temen temen, itu lumayan juga.

Oh iya, ada alasan yang lumayan keren, kalo ga percaya dengan sistem STR, UKDI dan sebangsanya itu.
Kalo ga lulus UKDI, artinya ga kompeten ya? Buat apa koas lama lama kalo ditentuin cuma dari ujian kaya gitu?

Ga masalah kalo ga puas sama sistemnya, tapi bukan melawan dengan melakukan hal yang sama aja jeleknya. Kalo mau protes yang bermutu, naek dulu ke tingkatan dimana kita bisa bicara, baru protes, baru ganti sistem dengan cara yang lebih baik, baru dijaga sistem pembelajaran dan kedokteran.

Anggeplah sistemnya itu kacaw babak belur hancur lebur, tapi tetep aja, kalo ada apa apa, kalo ada yang nuntut, siapa yang bertanggung jawab dengan pasien itu? yang punya klinik? dokter tanpa license atau koas baru itu? perawat?

Memang sekarang ga banyak polisi yang mondar mandir ngecek ke satu satu klinik nanyain STR dan SIP dokter, karena emang penegakan hukum masih lemah, di tempat dilarang ngerokok orang ngebul2 aja ga dimarahin, ngelewatin lampu merah aja kadang kadang masih lewat.

Tapi bukan artinya boleh dilanggar kan? :(

Yang miris-lucu-ironis-apapunlah, salah satu orang yang kaya gitu itu orang yang dulunya waktu kuliah preklinik orang yang bener bener 'lurus', ga pernah nyontek sekalipun, rajin belajar, benci banget sama yang nyontek. Ma ga tau dia tipe yang udah kerja di klinik klinik dari belom dokter, yang pasti sekarang dia bakal kerja di klinik sebelum di wisuda.
*at least sampe tadi siang rencananya itu*

Mungkin itu tidak dianggap kesalahan, karena mungkin wisuda itu cuma formalitas, kan yang penting esensi 'sudah selesai koas' kan? Mungkin aja. Tapi buat Ma, itu bisa jadi pelindung hukum yang baik, dan jadi bukti pertanggungjawaban Ma sebagai dokter, bukti kalo Ma bertanggung jawab kalopun ntar Ma ada salah, bukannya Ma mau buat salah, tapi should something happen, should something happen,,

Mau praktek??

Tidak ada komentar: